Sabtu, 11 Mei 2013

Apa yang dimaksud dengan bogie kereta? Apa keuntungan  Kereta Api dengan Single Bogie?

Bogie Kereta (www.inka.co.id)
Pernah dengar istilah Bogie Kereta...?? Bogie adalah sebuah komponen gerak yang sangat penting pada rangkaian kereta api, baik pada gerbong maupun lokomotif. Kenyamanan sebuah kereta juga didukung oleh teknologi bogie yang digunakan. Jadi jelas berbeda antara bogie yang digunakan untuk gerbong barang dengan kereta penumpang, atau antara kereta penumpang kelas ekonomi dengan kelas eksekutif.


Bogie terdiri atas beberapa komponen yang membentuk suatu kesatuan, diantaranya rangka(bogie frame), roda, pegas(spring), pengereman(rem block), dan banyak lagi komponen lainnya. Beberapa bogie terutama bogie untuk kereta eksekutif menggunakan pegas dengan tekanan udara(air spring) yang lebih minim getaran.
 
Gerbong kereta barang (www.pt-inka.co.id)
Fungsi bogie pada sarana kendaraan rel adalah untuk mendukung badan kendaraan (body), memudahkan perjalanan dibelokan, meningkatkan beban, kecepatan dan kenyamanan pengendaraan serta tempat alat pengereman.

Saat ini dikenal bogie dengan sistem double bogie dan single bogie. Di Indonesia sebagian besar keretanya masih menggunakan double bogie. Kereta dengan single bogie ini banyak digunakan oleh kereta-kereta cepat seperti di Eropa dan Jepang. Salah satu kereta yang menggunakan single bogie adalah kereta TVG.

Kereta TVG
Kereta dengan single bogie  ini mempunyai beberapa keuntungan. Keuntungan itu diantaranya adalah
  • Lebih hemat energi
  • Dapat mengurangi massa kerteta
  • Kereta dapat bergerak lebih cepat
  • Efektivitas gerak lebih tinggi
  • Energi yang dibutuhkan untuk pengereman lebih kecil
 

0 komentar:

Posting Komentar