Sabtu, 10 Desember 2011

Mungkin banyak yang tidak tahu kalo Pantai Panjang adalah sebuah objek wisata disalah satu provinsi di Sumatera. Pantai Panjang, adalah salah satu objek wisata andalan Bengkulu.
Keindahan pantai panjang Bengkulu tidak kalah dari pantai Parang Tritis di Jogja atau Kuta di Bali, namun minat turis untuk mengunjunginya masih sangat kecil. Keistimewaan pantai ini adalah memiliki garis pantai yang sangat panjang mencapai 7 km. Di sini Anda akan mendapatkan garis pasang dan garis surut pantai sekitar 500 meter. Penyebabnya adalah karena di sini tidak ada karang sehingga saat air laut pasang membuatnya mendapat jangkauan lebih jauh. Di pantai ini pastinya Anda akan melihat hamparan pasir putih berbulir halus yang luas dan landai.

Letak Pantai Panjang sangat strategis di kawasan bisnis pariwisata Bengkulu yang tesedia beragam hotel, restoran, cottage, dan pusat perbelanjaan(mall). Jaraknya dapat ditempuh hanya 15 menit dari pusat kota Bengkulu atau sekitar 3 km menuju gerbangnya. Pantai ini akan menjadi sangat ramai saat Hari Raya Idul Fitri dan menjadi pusat keramaian saat pergantian tahun baru.

Uniknya Pantai Panjang tidak ada pohon kelapa karena lebih didominasi pohon cemara dan pohon pinus. Pohon pinus tersebut mempercantik Pantai Panjang dan masih bisa dijadikan tempat berteduh. Hmmm,, jarang loh pantai dengan pohon cemara.

Pantai datar yang dipagari oleh barisan pohon cemara laut memanjang disisi barat dan utara kota Bengkulu merupakan objek wisata pantai terindah yang sepi dari kunjungan wisatawan asing. Entah apa penyebabnya, tapi secara gampangnya, kurang dikenalnya nama Bengkulu sebagai penyebab utamanya. Lain dengan Nama Bali, nama yang sudah sangat mendunia ini mampu mendongkrak wisata pantai yang keindahannya mungkin dibawah pantai panjang.

Masyarakat Bengkulu menjadikan Pantai Panjang sebagai salah satu pusat terapi dengan berjogging pagi atau sore hari di lintasannya. Karena saat ini telah disediakan jogging track yang membentang sepanjang garis pantai.

Suasana di pantai ini tak terlalu ramai di hari-hari libur biasa, sehingga menimbulkan suasana ketengan yang nyaman saat berkunjng di sana.







0 komentar:

Posting Komentar