Kamis, 25 April 2013


Tidak semua kota punya jalur kereta api dan tidak semua orang bisa beli tiket pesawat. Bagi kebanyakan orang Indonesia, mungkin termasuk Anda, naik bus adalah cara traveling paling disuka. Klasik, tapi tetap seru!

Traveling dengan bus tetap menjadi pilihan banyak orang di Indonesia untuk bepergian ke kota lain, baik urusan kerja, sekolah, silaturahmi atau sekadar pelesir dan berwisata. Bus tak lekang oleh zaman, ketika tiket pesawat makin murah atau pun penumpang yang beralih ke kereta api.



Bus akan tetap menjadi pilihan utama ketika destinasi itu hanya bisa diakses dengan kendaraan itu. Lihat saja bagaimana bus penuh wisatawan mulai banyak bersliweran di hari hari libur atau akhir pekan.

Naik bus tidak sesederhana itu lho, ada sejumlah tips dan hal yang harus diperhatikan. Selain itu, memahami aneka terminal bus juga membantu traveler memilih tempat yang tepat untuk memulai perjalanan dengan bus.

Bus lintas Sumatera misalnya, itu sangat tersohor dengan pengalaman seru dan pemandangan cantik. Bebeda akan halnya pemandangan bis jika melakukan perjalanan di daerah Jawa. Di daerah Sumatera kita memang akan lebih banyak disuguhkan dengan pemandangan alam yang indah.

Tidak hanya bus umum, bus wisata juga semakin naik pamor untuk digunakan dalam traveling. Pahamilah cara dan kiat menggunakan bus wisata. Beberapa bus wisata sangat memanjakan penggunanya dengan fasilitas mewah dan harga sewa jutaan rupiah. Jadi, bus tidak identik dengan alat angkut masyarakat menengah ke bawah.

Bus-bus khusus pun tampil dengan fitur unik, meskipun bukan dijadikan kendaraan umum. Misalnya saja bus anti peluru untuk mengangkut karyawan Freeport dan para tamunya. Jangan lupa juga untuk berkenalan dengan komunitas traveling pecinta bus macam Bs Mania, seperti apa mereka dan apa keuntungan menjadi anggotanya.


Bagaimana dengan bus di luar negeri? Wah rupanya lebih menarik lagi. Coba pelajari rute 10 bus kota terbaik di dunia, siapa tahu nanti Anda mencobanya. Karena, ada beberapa bus yang menjadi favorit wisatawan karena melewati destinasi wisata penting.

Ada rute bus paling berbahaya di dunia. Ada juga rute bus paling panjang dari Inggris ke Pakistan. Bus murah keliling Eropa? Kenapa tidak. Fitur-fitur bus di luar negeri pun lebih beragam lagi.

Bus, sampai kapanpun tetap akan menjadi pilihan moda transportasi orang-orang di seluruh dunia. Beberapa aspek tidak bisa tergantikan oleh kereta dan bahkan pesawat terbang. Rutenya, pemandangan keren di luar jendela, serta manusia-manusia yang satu perjalanan dengan kita. Traveling dengan bus, nggak ada matinya.

source: detiktravel.com

0 komentar:

Posting Komentar